Anda harus memikirkannya terlebih dahulu. Jangan pernah melamar pekerjaan secara mendadak. Dianjurkan untuk melakukan penelitian terlebih dahulu. Berikan pertimbangan untuk melamar. Pastikan Anda melamar pekerjaan yang tepat pada waktu yang tepat untuk alasan yang tepat.

Kemudian Anda dapat menerapkan dalam pengetahuan bahwa Anda memberi diri Anda peluang terbaik untuk mendapatkan pekerjaan. Perhatikan baik-baik posting pekerjaan atau iklan. Baca cetakan halus dan pastikan Anda memahami persyaratan dan tanggung jawab.

Jika Anda merasa pekerjaan ini cocok untuk Anda, ikuti langkah-langkah ini sebelum melamar:

  1. Pastikan Resume/CV Anda teratur rapih. 
    Tanpa resume yang baik, peluang Anda untuk melihat bagian dalam ruang wawancara sangat tipis. Anda perlu memiliki resume dasar yang Anda ubah untuk menyesuaikannya dengan pekerjaan itu sendiri. Memiliki resume generik, satu ukuran untuk semua, tidak akan memotongnya.

    Lanjutkan menulis tidak semudah kedengarannya. Jika Anda serius ingin melamar pekerjaan, cari layanan resume resume top online. Mereka dapat membantu Anda menulis resume yang sempurna yang akan membuat Anda melampaui aplikasi dan wawancara.

    Resume yang ditulis dengan baik yang melayani spesifik postingan pekerjaan atau iklan yang ada sangat penting. Presentasi resume Anda juga penting. Pastikan iklan tidak memberikan spesifikasi resume. Jika ya, Anda harus mematuhinya. Buat resume Anda semenarik mungkin tetapi tetap profesional.

  2. Lakukan Riset Anda
    Selidiki organisasi tempat Anda melamar sehingga Anda memiliki beberapa informasi latar belakang. Jika Anda bisa memasukkannya ke dalam wawancara, itu akan menunjukkan tingkat kesiapan Anda.

    Periksa dan pelajari persyaratan pekerjaan. Mereka akan muncul dalam beberapa pertanyaan wawancara. Pikirkan tentang bagaimana kualifikasi dan pengalaman Anda saat ini terkait dengan persyaratan pekerjaan.

    Pastikan Anda terkini tentang semua kebijakan, ketetapan, laporan, dan analisis bidang pekerjaan yang relevan. Lagi-lagi ini menunjukkan tingkat komitmen Anda jika Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini selama wawancara.

    Ingatlah untuk memastikan bahwa jawaban Anda tidak terlalu tertulis. Ketika Anda berbicara tentang penelitian Anda dalam wawancara, itu perlu mengalir secara alami. Jika terlalu dilatih, itu dianggap sebagai dibuat-buat.

  3. Selalu perbarui profil media sosial Anda

    Selama proses aplikasi, calon pemberi kerja dapat menyelidiki keberadaan media sosial Anda. Representasi Anda di platform media sosial berbicara banyak tentang Anda.

    Mulailah dengan memastikan bahwa profil LinkedIn Anda terkini dengan semua pengalaman dan keterampilan Anda saat ini. Kemudian lihat akun Twitter dan Facebook Anda. Pastikan Anda menghapus atau menyembunyikan posting yang Anda inginkan agar tidak dilihat oleh calon pemberi kerja. Lebih baik mengingat aturan bahwa 'setelah itu di luar sana, di luar sana.'

    Berhati-hatilah dengan apa yang Anda posting online. Juga, ingatlah bahwa apa yang Anda posting atau komentari pada saat kemarahan dapat diperhitungkan terhadap Anda dalam jangka panjang. Biarkan media sosial membuat, bukan merusak, aplikasi Anda.

  4. Bangun kepercayaan diri Anda

    Ketika Anda melamar pekerjaan, proses wawancara mengharuskan Anda untuk memancarkan kepercayaan diri. Kebanyakan orang merasa percaya diri ketika mereka terlihat baik. Ini mungkin memerlukan tata letak keuangan tetapi buatlah diri Anda sendiri ens ansambel wawancara. ’Anda akan merasa percaya diri saat Anda mengenakan pakaian ini. Dapatkan teman atau anggota keluarga untuk membantu Anda memilih yang tepat jika Anda tidak yakin.

    Hadir untuk penampilan pribadi Anda. Pastikan rambut Anda rapi dan rapi. Untuk wanita yang memilih memakai riasan, sempurnakan penampilan Anda. Itu harus bersahaja dan profesional tetapi menarik perhatian juga. Tuan-tuan harus memastikan bahwa mereka dicukur bersih atau memiliki rambut wajah mereka dipangkas.

    Penampilan yang rapi menyediakan pesan yang kuat dan positif bagi calon atasan Anda.

  5.  Visualisasikan dan berkolaborasi

    Jika Anda dapat membayangkan diri Anda dalam pekerjaan yang Anda lamar, Anda akan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Pikirkan tentang keterampilan dan bakat yang akan Anda bawa ke pekerjaan. Miliki mereka di garis depan pikiran Anda ketika Anda menjawab pertanyaan. Tujuan Anda adalah meyakinkan pemberi kerja bahwa Anda lebih baik daripada semua pelamar lainnya.

    Dapatkan rekan, teman, atau anggota keluarga untuk membantu Anda mempersiapkan diri. Mereka dapat mengajukan beberapa pertanyaan kepada Anda. Jika mereka jeli, mereka akan bisa menunjukkan kebiasaan gugup Anda sehingga Anda bisa menghindarinya. Anda juga dapat memeriksa jawaban yang Anda berikan kepada mereka dan mencoba dan menemukan cara untuk memperbaikinya.

    Ketika Anda memikirkan respons Anda sebelumnya, ingatlah untuk tidak melatihnya secara berlebihan. Tapi bersiaplah. Tidak ada yang lebih buruk daripada menjadi kosong selama wawancara. Atau perasaan tenggelam ketika Anda berjalan keluar dan kemudian mengingat semua hal yang harus Anda katakan.