Merupakan andalan di sebagian besar rumah di Asia, dapur ini memiliki sudut yang tenang di dapur, selalu siap untuk menyajikan sepiring nasi empuk yang cepat. Pemasak nasi standar dikonfigurasikan untuk merebus nasi, merasakan kapan harus menguranginya menjadi mendidih, lalu akhirnya, kecilkan panasnya agar nasi tetap hangat, tanpa terlalu matang.

Ini cara yang cerdas dan sederhana untuk memasak, jadi mengapa hanya menggunakan nasi? Dengan sedikit bereksperimen dan bersabar, Anda dapat dengan mudah mengelabui panci non-stick kecil untuk memasak berbagai makanan, dari satu piring panci hingga hidangan penutup yang lezat. Anggap saja sebagai slow cooker; itu mungkin tidak secepat memasak di atas kompor, tetapi pasti patut dicoba jika Anda ingin memasak hidangan favorit Anda dengan pengawasan paling sedikit dan pembersihan yang mudah.

Telur

Penanak nasi mungkin bukan alat pertama yang terlintas dalam pikiran ketika Anda berpikir untuk membuat sarapan, tetapi pada kenyataannya, Anda bisa memasak berbagai macam makanan sarapan di dalamnya. Ini sangat cocok untuk merebus banyak telur sekaligus, terutama jika dilengkapi dengan penghitung waktu. Atau, siapkan beberapa telur dalam mangkuk nasi, masukkan sayuran segar beku atau cincang dan masak dengan pengaturan biasa untuk frittatas yang lezat. Ukuran porsi akan tergantung pada ukuran mangkuk nasi Anda, tetapi dengan kompor berukuran sedang, Anda dapat dengan mudah memberi makan antara dua hingga tiga orang yang lapar.

Bubur / Bubur

Beberapa merek memang dilengkapi dengan pengaturan bubur, jika tidak, Anda harus bermain-main dengan rasio oats ke air sebelum Anda menyempurnakan resep Anda. Anda dapat menambahkan semuanya, mulai dari rempah-rempah hingga buah-buahan kering, atau bahkan telur dan daging ke bubur Anda. Tambahkan gandum ke dalam kompor untuk direndam semalaman dan kemudian nyalakan di pagi hari untuk sarapan cepat.

Legum

Rendam kacang kering dan lentil semalaman dalam mangkuk nasi, sebelum dimasak. Jika kompor memiliki timer, Anda dapat merendam kacang dan mengatur timer untuk mulai memasak ketika Anda ingin kacang. Ketika berbicara tentang kacang kering, dengan asumsi bahwa kacangnya direndam semalaman, waktu memasak dapat berkisar antara 20 hingga 35 menit. Jika tidak direndam, waktu memasak dapat berlangsung antara 30 menit hingga 3 jam. Manfaatnya di sini adalah Anda tidak perlu mengawasi pot setelah matang, selama Anda memasukkan jumlah air yang benar, itu tidak akan terbakar.

Mangkuk Panggang

Tempatkan semua bahan Anda dalam mangkuk nasi, daging, rempah-rempah, bumbu dan kaldu / air pilihan Anda, kemudian nyalakan pengaturan memasak yang normal. Setelah siklus memasak berakhir, penanak nasi akan secara otomatis masuk ke mode 'keep warm'; biarkan seperti itu selama satu jam. Ini akan memperlambat memasak daging lebih jauh sehingga Anda akan dibiarkan dengan daging lembut yang lezat yang jatuh dari tulang.

Sup

Cukup masukkan bahan-bahan Anda, tambahkan cukup air / kaldu untuk membuat sup, dan masak! Jika Anda menambahkan daging, tambahkan nanti di waktu memasak, jika tidak maka akan matang. Kecuali jika itu tujuan Anda, dalam hal ini, silakan saja. Ingat saja, bahan-bahan kering pertama, diikuti oleh sayuran dan daging segar, lalu sayuran beku.

Makanan penutup

Penanak nasi adalah alternatif yang bagus untuk memanggang dalam oven, belum lagi penghemat ruang. Jika Anda memiliki keinginan untuk membuat kue, kue keju, atau bahkan pancake, cukup campur bahan dalam mangkuk dan aktifkan siklus memasak normal. Biasanya dibutuhkan sekitar satu jam untuk memasak, dan dilakukan saat garpu membersihkan pinggirannya. Anda juga bisa merebus buah, membuat saus apel buatan sendiri atau menyiapkan beragam puding lezat.